Cara Merawat Burung Kacer Mabung Agar Cepat Tumbuh kembali Bulunya

Cara Merawat Burung Kacer Mabung Agar Cepat Tumbuh kembali Bulunya

watpedia
May 27, 2019

Cara Merawat Burung Kacer Mabung Agar Cepat Tumbuh kembali Bulunya

Moulting atau mabung pada burung kacer bisa saja terjadi usia tertentu, dan untuk merawatnya memang membutuhkan perawatan yang tepat di hususkan untuk burung mabung, karena burung kacer memiliki kondisi yang berbeda-beda, dimana pola merawatnya menjadi suatu hal harus di lakukan berbeda pula, terutama untuk membantu proses perontokan bulunya dan juga pertumbuhan bulu barunya.

Berbagai macam perawatan pada burung kacer memang membutuhkan perhatian khusus oleh pemiliknya, dimana kondisi burung di sesuaikan dengan perawatannya, seperti merawat kacer pada saat mabung.

Ciri-ciri burung kacer yang sedang mabung bisa dilihat dimana yang tadinya burung kacer aktif dan rajin berkicau, mendadak menjadi jarang melakukan aktifitas tersebut. Jarang berkicau pada saat burung kacer dalam kondisi mabung, merupakan hal yang normal-normal saja, nanti juga ketika proses moultingnya selesai, burung kacer tersebut akan gacor kembali.


Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Seperti yang telah disampaikan oleh Agromedia.id Dalam merawatnya harus dilakukan dengan cara yang tepat, karena pada dasar dalam merawatnya adalah membuat burung memiliki kenyaman yang cukup agar burung bisa dengan focus untuk menikmati proses mabungnya, sambil memberikan perubahan perawatan yang tepat lainnya.

Ada beberapa hal yang mungkin saja terjadi pada burung kacer mabung, dimana proses moultingnya tersebut terdapat kendala, sehingga pertumbuhan bulu barunya menjadi tidak sempurna seperti yang seharunya.

Adapun ciri-ciri burung mabung tidak sempurna yaitu :

Proses mabung yang terlalu lama
Pertumbuhan bulu baru tidak sempurna, seperti  bulu keriting, mudah rapuh, terlihat kusut
Burung menjadi stress atau drop
Burung menjadi mogok bunyi
Kualitas kemampuan berkicau burung menjadi berkurang
Burung menjadi sakit

Nah, dari melihat beberapa kemungkinan hal burung datang ketika dalam merawat burung kacer dengan cara yang tidak tepat, maka berikut adalah cara merawat yang tepat burung kacer mabung, untuk mengatasinya sehingga proses mabungnya menjadi cepat, seperti yang seharusnya.

1. Krodong

Ketika bulu burung kacer sudah mulai rontok, maka gunakan krodong pada sangkarnya, untuk menjaga suhu di dalam sangkar, ketika suhu lingkungan dingin atau panas, maka suhu yang ada di dalam sangkar burung tetap stabil dan tidak berubah-ubah.


2. Pakan Kacer Mabung

Untuk memberikan makanan pada kacer yang sedang mabung, maka jangan berikan pakan dari Serangga dulu, tapi berikan pakan Voer lele atau ayam broiler, karena pakan tersebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang bagus untuk proses perontokan bulu dan pertumbuhan bulu barunya.


3. Jangan di jemur dan jangan dimandikan

Jangan mandikan dan jemur burung kacer yang sedang mabung, namun jika ingin memandikan dan menjemurnya, maka lakukan ketika pertumbuhan bulunya sudah mulai lebat. Karena bisa membuah proses perontokan bulu lebih lama jika dimandikan dan akan membuat pertumbuhan bulu menjadi tidak sempurna yang ditandai dengan kualitas bulu kacer yang kusut, mudah rapuh dan keriting.


Itu saja yang bisa kami sampaikan, terima kasih atas kunjungannya. 

Note: Ini adalah artikel review, isi dari artikel diluar taanggung jawab admin watpedia. Jika ada pertanyaan khusus, keluhan, atau bisnis join dengan penulis artikel ini silahkan hubungi admin@agromedia.id.

Terima kasih