Cara Merawat Burung kacer Agar Rajin Berkicau dan Ngobra

Cara Merawat Burung kacer Agar Rajin Berkicau dan Ngobra

watpedia
May 26, 2019

Cara Merawat Burung kacer Agar Rajin Berkicau dan Ngobra
Cara Merawat Burung kacer Agar Rajin Berkicau dan Ngobra

Burung kacer memiliki penggemar tersendiri dari kalangan penggemar burung kicauan di Indonesia, dimana karakter suara kicauan dari burung ini menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan banyak orang pelihara.

Selain memiliki kemampuan berkicau yang unik dengan ciri khasnya, burung kacer juga memiliki karakter lainnya yang digemari oleh para kicaumania, seperti berkicau sambil ngobra dan buka ekor, dimana burung tersebut melebarkan sayap dan ekornya sebagai menandai lokasi daerah kekuasaanya.
Teritorial merupakan karakter burung jenis Fighter, seperti burung murai batu dan juga burung kacer. Dimana, karakter teritorial menjadi suatu kelebihan yang tidak dimiliki oleh burung selain jenis Fighter dan jenis burung yang memiliki sifat Teritorial  menjadikan lokasi yang biasa di tempatinya merupakan tempat kekuasaannya, dimana jika ada burung lain yang mencoba mendekati lokasi tempat dimana burung kacer itu tinggal, maka cenderung akan menyerangnya, dan mempertahankan tempat tinggalnya. Baca Juga : Cara Bikin Lovebird Ngekek Mangap dengan Mudah

Burung kacer yang masih memiliki kemampuan berkicau yang belum bagus atau masih belajar, membutuhkan perawatan dari pemiliknya, dengan merawatnya secara rutin dan tepat, maka burung tersebut mampu berkicau dengan optimal, seperti yang diinginkan oleh pemilknya.


Cara Merawat Burung kacer Agar Rajin Berkicau

Perihal merawat burung kacer, apalagi burung tersebut masih anakan, dimana kemampuan kicauannya belum optimal, maka membutuhkan perawatan yang tepat, yang dimana pola perawatannya tersebut di sesuaikan dengan kondisi.

Burung kacer memiliki pola perawatan yang berbeda, maka dari itu dalam hal merawatnya perlu di sesuaikan dengan kondisinya, seperti merawat burung kacer dalam keadaan macet bunyi, burung kacer dalam keadaan mabung dan kondisi lainnya.

1. Pakan Burung kacer
Makanan menjadi salah satu hal yang membuat burung kacer menjadi rajin untuk berkicau, pakan yang sering dijadikan pakan untuk membuat burung kacer menjadi gacor adalah, pakan dari Ekstrafooding. Pakan dari ekstrafooding yang bagus untuk burung kacer, seperti ulat hongkong,cacing tanah,belalang, jangkrik, kroto dan pakan dari serangga lainnya.

Ekstrafooding memiliki banyak manfaat untuk burung, dimana kandungan protein yang cukup tinggi dari pakan tersebut membuat burung memiliki stamina dan energy yang cukup, sehingga burung menjadi aktif dan rajin berkicau.

Namun , meskipun memiliki peranan membuat burung kacer jadi gacor, sebaginya jangan berikan dengan jumlah yang terlalu banyak, karena dapat membuat kacer menjadi over birahi, dan membuat malas berkicau, karena ingin kawin.

Pakan yang cukup yang bisa di berikan pada kacer, sebaiknya di berikan dengan jumlah sebanyak 2 sendok makan kroto setiap harinya. Dan pakan jangkrik dalam jumlah yang cukup banyak dan berikan hanya 1 minggu sekali.

Selain pakan dari Ekstrafooding, sediakan juga pakan dari voer harian yang di simpan di dalam kandang. Baca Juga : Cara Bikin Jebol birahi Lovebird Jantan Agar Ngekek Konslet


2.       Perawatan Harian
Selain dari makanan dengan kecukupan gizi yang lengkap, berikan juga perawatan harian yang rutin untuk melengkapi kebutuhan burung untuk menjadi gacor.

Memandikan burung kacer selain bermanfaat untuk kesehatannya, akan tetapi memiliki manfaat lainnya, seperti membuat burung menjadi gacor dan aktif karena bisa membuat tubuhnya menjadi segar.

Memandikan bisa dilakukan 1 kali sampai 3 kali dalam sehari, tergantung kebiasaan dari burung itu sendiri.

Setelah di mandikan di pagi hari, jemur burung kacer hingga bulunya menjadi kering kembali, dan durasinya bisa dilakukan selama 2 sampai 3 jam saja. Selain memandikan, memberikan pakan , menjemurnya, untuk meningkatkan kemampuan kicauan burung kacer, maka lakukan pemasteran dengan menggunakan Mp3 atau burung kacer yang sudah gacor setiap harinya.

Melakukan masteran pada saat burung beristirahat, berguna untuk membuat burung kacer itu sendiri mampu meniru suara kicauan dari Mp3 tersebut,dan memilih waktu istirahat kacer ketika memasternya, agar kacer bisa mendengarkan suara masterannya dengan focus, sehingga ketika berkicau bisa menirukan suara masterannya.


Berikut adalah beberap tips yang bisa dilakukan untuk membuat burung kacer peliharaan anda menjadi gacor. Baca Disini : CARA MENGATASI BURUNG KACER MACET BUNYI AGAR GACOR KEMBALI