Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali

watpedia
May 26, 2019

Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali
Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Mogok bunyi atau macet bunyi pada burung kacer menjadi hal yang cukup di khawatirkan oleh kalangan kicaumania.

Ya, burung menjadi macet bunyi yang tadinya gacor memang membuat pemiliknya cukup pusing tujuh keliling, karena untuk membuat kacer menjadi rajin berkicau dengan kemampuan optimal , tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang cukup lama, namun terjadi macet bunyi bisa datang secara tiba-tiba begitu saja.

Yang pada awalnya burung kacer gacor, dengan terjadinya macet bunyi bisa datang secara tiba-tiba, meskipun pada awalnya tidak terlihat tanda-tandanya.

Burung kacer memang cukup bisa dengan mudah mengalami macet bunyi, dan tentunya ada beberapa hal yang perlu untuk di ketahui terlebih dahulu apa itu penyebabnya. Baca Juga : Cara Bikin Lovebird Konslet Ngekek Terus dengan Durasi Panjang


Penyebab Burung Kacer Macet Bunyi

Sepeti yang di sampaikan dari kicaumania.net , Penyebab burung kacer menjadi macet bunyi menjadi suatu hal yang harus diketahui oleh pemiliknya, dimana hal-hal yang membuat burung macet bunyi bisa di hin dari oleh pemiliknya sebagai untuk pencegahan.

Adapun beberapa penyebab burung kacer menjadi macet bunyi antara lain :
  • Burung dalam keadaan mabung
  • Burung keadaan kurang fit
  • Kacer terkena gangguan pernafasan
  • Burung stress
  • Sangkar burung pernah jatuh sebelumnya
  • Over birahi dan kekurangan birahi
  • Mental burung kacer drop karena kalah tanding
  • Ketakutan terhadap burung predator seperti kucing, anjing dan hewan lainnya



Cara Menagatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Dalam perawatan kacer memang tidak bisa di samaratakan, perlu melihat kondisinya terlebih dahulu, termasuk merawat kacer ketika sedang macet bunyi.

Hal yang perlu di perhatikan terlebih dahulu, lihat penyebabnya, misalkan burung kacer dalam kedaan sakit atau sedang mabung. Maka rawatlah burung tersebut hingga kembali ke kondisi yang Fit, dengan mengembalikan ke kondisi terbaiknya, maka burung tersebut akan gacor kembali. Baca Juga : Cara Bikin Jebol birahi Lovebird Jantan Agar Ngekek Konslet

1.       Simpan Burung ditempat nyaman

Burung yang sedang drop,stress sehingga macet bunyi, membutuhkan kondisi yang membuat burung menjadi nyaman.

Simpan burung di tempat yang nyaman dan jauhkan dari suara yang terlalu berisik, jauhkan dari gangguan manusia, ganggunan dari hewan dan berbagai macam gangguan lainnya, dan pastikan burung benar-benar dalam keadaan isolasi dan jauhkan dari aktifitas harian yang biasa dilakukan.
Simpan burung kacer di tempat yang banyak pohon rindang, dengan sedikit ada hembusan angin ketika di simpan setiap hari, dan lakukan pengembuanan pada pagi hari sebelum matahari terbit di tempat yang sejuk untuk merangsang burung kacer mau untuk berkicau.

Selain pengembunan yang bisa merangsang burung menjadi berkicau, maka lakukan terapi betina dengan menyimpan betina di dekat kacer jantan yang sedang macet bunyi tersebuty atau jika tidak memiliki betina kacer, maka bisa menggunakan suara kicauan dari burung kacer betina melalui hape, untuk memancing burung tersebut membalas kicauan dari betinanya. (bersambung)