PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM

PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM

Watpedia
April 1, 2019

PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM
Perbedaan WordPress Org

PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM


Bagi sebagian besar pemain baru di dunia blogging, mungkin WordPress.org dan WordPress.com adalah satu kesatuan yang sama. Padahal, komparasi antara kedua platform blogging ini ibaratkan langit dan bumi. Kita pun sering sekali mendengar pertanyaan, apa sih perbedaan antara WordPress.org dan WordPress.com? 

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan atau lebih tepatnya sebuah komparasi antara platform WordPress.org dan WordPress.com. Semoga setelah selesai membaca tulisan ini, anda dapat mengerti dan faham, platform blogging mana yang harus anda pilih dan sesuai dengan kebutuhan anda. Simak selengkapnya dibawah ini.

PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM

Untuk memahami perbedaan atau komparasi antara kedua platform blogging ini, alangkah baiknya jika kita mempelajari seluk beluk platform secara terpisah, seperti dibawah ini.

WORDPRESS.ORG

WordPress.org adalah CMS paling populer di dunia saat ini. Dan diperkirakan telah digunakan hampir di 75 juta situs web yang tersebar di seluruh dunia. Menurut WordPress.org, mereka mampu menghasilkan 23,6 miliar view, 69,5 juta postingan baru, dan 46,8 juta komentar dalam setiap bulannya. Platform blogging ini menerapkan sistem open source dan 100% gratis bagi siapa saja yang ingin menggunakannya.

Untuk menjalankan situs dengan menggunakan WordPress.org, anda hanya membutuhkan domain dan hosting saja. Itu sebabnya, mengapa WordPress.org sering dikatakan WordPress self hosted, artinya WordPress yang menggunakan hosting pribadi.


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS.ORG

Dengan menggunakan platform blogging WordPress.org, anda akan memiliki kontrol penuh terhadap situs yang anda kelola. Anda dapat dengan bebas berkreasi sesuka hati anda sesuai tujuan dan kemampuan anda dalam mengelola situs. Semakin luas pengetahuan anda mengenai CMS WordPress.org, maka akan semakin menarik dan interaktif pula website yang akan anda kelola. Dibawah ini kami telah menyusun beberapa alasan, mengapa anda harus menggunakan CMS WordPress sebagai partner dalam membangun sebuah website. 

  • GRATIS DAN MUDAH DIGUNAKAN

Kita dapat menginstal WordPress secara cuma cuma alias gratis. Ditambah lagi, pengoprasian WordPress terbilang cukup mudah dan memiliki dashboard yang sangat keren. Anda menguasai situs yang anda miliki secara penuh, dan situs anda tidak akan dimatikan sekalipun seseorang membuat laporan buruk tentang situs anda. Selama situs anda tidak melanggar aturan dunia digital / perbuatan yang ilegal, maka situs anda akan aman dan berada dalam kendali anda secara penuh. Dengan WordPress.org anda juga bisa menginstal beragam plugin pendukung, baik itu gratis maupun berbayar. Menginstal plugin di WordPress.org layaknya menginstal aplikasi playstore di android, benar benar sangat mudah.


  • RIBUAN TEMA GRATIS

Dengan dukungan ribuan tema gratis dari WordPress.org anda dapat menyesuaikan desain tampilan situs, sesuai dengan keinginan serta kebutuhan anda. Jika anda cukup kaya membeli tema premium WordPress, tentunya akan banyak fitur menarik lainnya yang bisa anda cicipi dibandingkan menggunakan tema free.

Keuntungan Menggunakan WordPress.org lainnya:
  • Anda dapat menggunakan alat canggih seperti Google Analytics untuk analisis dan pelacakan khusus.
  • Anda bisa menampilkan iklan Google Adsense dan mendapat penghasilan langsung dari situs anda.
  • Anda bisa membuat situs keanggotan dan memberikan ruang khusus bagi para member premium untuk mengakses konten istimewa dari anda. 
  • Anda bisa membuat toko online untuk menjual produk digital atau fisik, dan menerima pembayaran kartu kredit, serta mengirimkan barang langsung dari situs web Anda.

PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM

Sebenarnya ada sedikit kontra terkait menggunakan WordPress.org sebagai platform blogging. Dimana kita memerlukan hosting sebagai media penyimpanan seluruh file situs agar dapat diakses dan ditelusuri oleh mesin pencari. Mungkin biaya awal saat pertama kali kita menghostingkan domain pada penyedia layanan hosting, harga yang kita dapatkan masih cenderung minim. Akan tetapi, ketika situs yang kita kelola telah mengalami peningkatan visitor, biaya hosting yang tadinya minim akan berubah membengkak menjadi maxim. Mungkin hal seperti ini bukan sebuah masalah bagi mereka yang memonetisasi situsnya. Tetapi bagaimana, jika situs yang ia kelola tidak dimonetisasi sama sekali?


BIAYA MENGGUNAKAN WORDPRESS.ORG

Jika kita berbicara mengenai biaya terkait menggunakan platform WordPress, tentunya sangat relatif dan bervariasi, tergantung situs seperti apa yang akan anda bangun. Apakah anda hanya akan membangun blog sederhana? atau anda berniat mendirikan website portofolio? ataukah anda ingin membangun toko online berbasis WordPress? atau jangan jangan anda akan membangun sebuah situs forum? Jadi.. kita tidak bisa menentukan dengan pasti berapa biaya yang dibutuhkan seseorang untuk membangun situs yang berbasis WordPress.org.  Kecuali.. Kita telah mendapatkan perincian dari situs yang akan dibangun secara detail. Mulai dari tema, premium kah atau tidak? lalu plugin yang akan dipasang, premium kah atau tidak? tampilan desain halaman, membutuhkan modifikasi atau tidak? dan hal hal lainnya yang tidak mungkin disebutkan satu persatu di media ini. Jadi intinya satu..! 

Jika kita ingin mendirikan sebuah situs, yang pertama sekali adalah siapkan dana. Udah itu aja, masalah lain lainnya bisa diselesaikan sambil berjalan. hehe


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN WORDPRESS.COM

WordPress.com merupakan layanan hosting yang dibangun oleh salah seorang pendiri WordPress.org, yaitu Matt Mullenweg. Mungkin karena memiliki pendiri yang sama, para pemula sering bingung dan keliru dalam membedakan antara WordPress.com dengan WordPress.org. Dibawah ini kita telah susun beberapa paket blogging yang ditawarkan oleh WordPress.com. Cek selengkapnya,
  • Gratis - Sangat terbatas.
  • Pribadi - $ 36 per tahun
  • Premium - $ 99 per tahun
  • Bisnis - $ 299 per tahun
  • VIP - Mulai $ 5.000 per bulan
Sekarang kita lihat kekurangan dan kelebihan menggunakan WordPress.com

KEUNTUNGAN

Sebenarnya tidak kelebihan yang bisa kita tuliskan terkait penggunaan platform WordPress.com. Tapi tetap saja, sebagian diantara pembaca mungkin belum mengetahuinya. 

WordPress.com bisa kita aplikasikan alias kita publikasikan secara gratis dan cuma cuma tanpa dipungut bayaran sedikitpun, seperti paket no1 diatas yang sudah kita sampaikan. Akan tetapi, akun gratis dari WordPress ini hanya menyediakan kapasitas penyimpanan file sekitar 3GB saja. 

Lalu bagaimana jika penyimpanan sudah penuh?
Saat penyimpanan 3GB sudah penuh, maka kita wajib melakukan upgrade jika masih ingin menambah postingan didalam website yang kita kelola. Kita bisa pilih salah satu paket upgrade diatas yang sudah saya tuliskan. Paket pribadi seharga $ 36 pertahun menyediakan kapasitas penyimpanan sekitar 6GB. Paket premium seharga $ 99 pertahun menyediakan kapasitas penyimpanan sekitar 13GB. Adapun paket bisnis dengan harga $ 299 pertahun menyediakan kapasitas penyimpanan tanpa batas alias unlimited.

Adapun masalah pembaruan dan pencadangan/backup, platform WordPress.com akan melakukan sistem pembaruan dan backup secara otomatis, jadi anda tidak perlu lagi repot repot memperbarui platform anda.


KEKURANGAN WORDPRESS.COM

Ada kelebihan pasti ada kekurangan, termasuk yang namanya platform blogging. Berikut dibawah ini telah kami susun beberapa hal yang menurut kami adalah suatu kekurangan bagi CMS WordPress.com.
  • Jika situs anda berada pada paket gratis, maka jangan heran, jika anda melihat tayangan iklan di web atau blog WordPress.com yang anda kelola. Tapi tunggu dulu, jangan berkhayal yang macam macam seperti Adsense. Sebab anda tidak akan mendapatkan sepeser pun uang dari iklan yang tayang di blog atau situs anda. (jika anda ingin tayangan iklan dicabut dari situs anda, maka anda harus upgrade paket, dari mode gratis ke mode berbayar)
  • Anda tidak bisa memasang layanan iklan berbayar di situs anda, seperti Google Adsense, Adnow dan lain lain. Jadi, anda tidak akan bisa menghasilkan uang dari WordPress.com versi free. Akan tetapi, jika situs anda memiliki traffik yang sangat tinggi, anda masih bisa mengajukan permohonan untuk bekerjasama dengan  program periklanan milik WordPress.com yang disebut WordAds. 
  • Anda tidak bisa mengintal plugin layaknya WordPress.org selama berada pada paket free. Namun, jika anda pengguna paket premium dan VIP maka anda bisa menginstal plugin yang kompatibel.
  • Selama menggunakan paket gratis, anda tidak akan bisa mengunggah atau mengupload tema khusus pilihan anda. Sebab anda hanya bisa menggunakan tema yang tersedia di dashboard WordPress gratis anda.
  • Paket gratis dari WordPress.com tidak bisa menginstal Google analytic untuk melacak traffik situs.
  • Jika situs anda melanggar kebijakkan WordPress.com, maka sewaktu waktu situs anda dapat dihapus begitu saja.
  • Anda tidak bisa menghapus credit link (didukung oleh wordpress.com), dan credit link ini hanya bisa dihapus jika anda mengambil paket bisnis.
  • WordPress.com tidak mendukung layanan eCommerce atau gateway pembayaran terintegrasi.
  • Anda juga tidak bisa membangun situs keanggotaan dengan menggunakan platform WordPress.com.

Rangkuman Pembahasan Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com


WORDPRESS.ORG

  • Taksiran Harga : $ 46 - 100 / tahun
  • Kustom Domain : Yes
  • Penyimpanan Hosting : Tanpa Batas alias Unlimited
  • Kebebasan Monetisasi : Yes
  • Branding Freedom : Yes
  • Semua Fitur SEO : Yes
  • Google Analytics  : Yes
  • Dukungan Tema : Yes
  • Dukungan Plugin : Yes
  • Toko E-niaga : Yes
  • Situs Keanggotaan : Yes
  • Pemeliharaan : Yes
  • Kontrol Penuh : Yes


WORDPRESS.COM (FREE)

  • Taksiran Harga : Gratis
  • Kustom Domain : No
  • Penyimpanan Hosting : 3GB
  • Kebebasan Monetisasi : No
  • Branding Freedom : No
  • Semua Fitur SEO : No
  • Google Analytics  : No
  • Dukungan Tema : No
  • Dukungan Plugin : No
  • Toko E-niaga : No
  • Situs Keanggotaan : No
  • Pemeliharaan : No
  • Kontrol Penuh : No


WORDPRESS.COM (PREMIUM)

  • Taksiran Harga : $ 99 / tahun
  • Kustom Domain : Yes
  • Penyimpanan Hosting : 13GB
  • Kebebasan Monetisasi : Yes (dengan rev/share)
  • Branding Freedom : No
  • Semua Fitur SEO : No
  • Google Analytics  : No
  • Dukungan Tema : Terbatas
  • Dukungan Plugin : No
  • Toko E-niaga : No
  • Situs Keanggotaan : No
  • Pemeliharaan : No
  • Kontrol Penuh : No


WORDPRESS.COM (BISNIS)

  • Taksiran Harga : $ 299 / tahun
  • Kustom Domain : Yes
  • Penyimpanan Hosting : Tanpa batas
  • Kebebasan Monetisasi : Yes (dengan rev/share)
  • Branding Freedom : Yes
  • Semua Fitur SEO : Yes 
  • Google Analytics  : Yes
  • Dukungan Tema : Yes
  • Dukungan Plugin :Yes
  • Toko E-niaga : No
  • Situs Keanggotaan : No
  • Pemeliharaan : No
  • Kontrol Penuh : No


PERBEDAAN WORDPRESS.ORG DAN WORDPRESS.COM

Apapun platform yang akan anda gunakan, bijaklah saat memilih. Sesuaikan semuanya sesuai pada kebutuhan.Sekian pembahasan kita terkait perbedaan WordPress.org dan WordPress.com. Semoga bermanfaat. Baca juga artikel kita lainnya masih terkait dengan dunia blogging, hanya di watpedia.

Penulis : Admin
Tanggal : 1 April 2019
Hari : Senin
Di : Kota Medan