Cara Menghapus URL di Google Search Console

Cara Menghapus URL di Google Search Console


Cara Menghapus URL di Google Search Console – Bagi para blogger, siapa sih yang tidak tahu tools Google yang bernama Google Search Console? Benar, tools online dari Google ini berfungsi sebagai media submit artikel atau page kedalam mesin pencari no 1 dunia saat ini yaitu Google.

Dengan melakukan langkah submit URL di Google Search Console akan semakin mempermudah Google bot dalam merayapi seluruh laman atau artikel yang ada didalam blog kita. Namun sayang, terkadang kita melakukan kekeliruan saat melakukan submit artikel, sehingga URL yang seharusnya tidak ada malah tertanam didalam mesin pencari atas nama blog kita.
 
Tentunya kesalahan dalam submit URL ini akan memberi poin negatif pada blog kita jika sampai ternyata URL yang kita submit memiliki error atau broken link. Oleh karena itu, sesuai dengan judul kita kali ini, kita akan membahas mengenai cara menghapus atau bahasa keybodnya delete Ling di Google master Search Console, terlepas dari alasan mengapa anda ingin medelete ling tersebut. Cek selengkapnya dibawah ini

Cara Menghapus URL di Google Search Console

1. MASUK GOOGLE SEARCH CONSOLE

Langkah pertama yang harus kita lakukan jika ingin menghapus URL di GSC (Google Search Console) adalah masuk kedalam akun GSC yang kita miliki. Dan setelah masuk, pilihlah menu Buka Versi Lama. Lihat gambar dibawah ini.

2. HAPUS URL

Setelah masuk kedalam GSC versi lama alias webmaster tools. Pilihlah menu Indeks Google → Hapus URL . Lihat gambar dibawah ini.

3. MASUKKAN URL

Langkah berikutnya adalah memasukkan URL yang ingin kita hapus dari Google Search Console. Isi kolom yang tersedia dengan URL yang akan kita hapus dari pencarian mbah Google, lalu klik tombol Terus. Lihat gambar dibawah kalau bingung. Jika masih bingung juga, terserahlah, saya juga bingung.. haha

4. PILIH HAPUS URL

Langkah keempat yaitu memilih “Hapus URL dari Cache dan untuk sementara waktu hapus dari penelusuran”, kemudian klik tombol Kirim Permintaan.  Lihat gambar dibawah lagi kalau bingung.

5. WAITING

Setelah mengikuti langkah menghapus URL di Google master Search Console diatas, tunggulah sejenak sekitar 7 hingga 15 menit. Setelah itu URL anda akan lenyap dari pencarian Google. Namun perlu diingat. Jika anda memiliki niat untuk membatalkan penghapusan URL sebaiknya lakukan konfirmasi sebelum 90 hari. Karena, setelah lewat dari 90 hari Google akan menghapus URL anda secara permanen.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah tutorial kita kali ini terkait cara menghapus URL di Google Search Console. Jika anda masih bingung atau ada pertanyaan, silahkan tanya pada rumput yang bergoyang atau cari artikel lain,, hehe.. Salam Damai, sampai jumpa dan ASSALAMU’ALAIKUM.

2 thoughts on “Cara Menghapus URL di Google Search Console”

Leave a Comment