MASIGNCLEAN101

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google
March 12, 2019
Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google
Cara Mendapatkan Sitelink

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google - Melihat pertumbuhan dunia digital saat ini semakin membuat orang orang yakin, bahwa salah satu peluang terbesar untuk meraup keuntungan adalah dengan terjun ke dunia digital itu sendiri. Dan salah satu bentuk dari ketertarikan orang orang dengan dunia digital adalah maraknya pertumbuhan blog atau website saat ini. Jika dahulu media blog di dominasi oleh mereka yang murni memiliki hobi kegiatan menulis, kini blog telah mengalami pergeseran menjadi media alternatif untuk menghasilkan uang, yang bahkan jumlahnya bisa ratusan juta rupiah. 

Namun kali ini, kita bukan ingin membahas mengenai cara menghasilkan uang melalui blog atau website. Karena yang akan kita bahas adalah sesuai dengan judul yang sudah kita lihat bersama, yaitu cara mendapatkan sitelink dari Google dengan cepat. Tetapi sebelum itu, mari kita bahas secara singkat apa itu sitelink Google. 

Apa Itu Sitelink Dari Google

Tidak ada defisini baku mengenai apa itu sitelink dari Google. Hanya saja, sitelink bisa kita tandai dengan munculnya beberapa sub link dibawah link utama dari sebuah blog atau website, baik itu berupa post terpopuler, halaman blog seperti contact us, atau kategori artikel dari sebuah blog. Jumlah sitelink dari sebuah blog sangat bervariasi, mulai dari 2 sitelink hingga 8 sitelink. Adapun pada gambar diatas, Watpedia baru memiliki 6 sitelink karena memang usianya yang masih dua bulan lebih. 

Menurut saya pribadi, mendapatkan sitelink Google merupakan suatu hadiah yang cukup istimewa bagi seorang blogger. Sebab tidak semua blog atau website bisa memiliki atau mendapatkan sitelink  dari Google. Dalam hal ini, tentunya Google memiliki sejumlah penilaian mengenai kriteria blog yang layak dianugerahi sitelink dari mesin pencari terpopuler saat ini, yaitu Google. Dan berikut dibawah ini 5 cara mendapatkan sitelink dari Google menurut analisa saya pribadi.

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google

1. Menggunakan Domain TLD

Tidak perlu diragukan lagi, telah banyak ulasan artikel yang membahas mengenai keunggulan menggunakan domain TLD. Selain terlihat lebih profesional dimata pengunjung, sistem algoritma Google pun lebih mengutamakan dan memberi nilai istimewa kepada blog yang menggunakan domain TLD. Oleh karena itu, sampai saat ini jarang sekali kita menemukan sebuah blog yang menggunakan sub domain memiliki sitelink dari Google dibawah alamat blog tersebut. Kalau pun ada, jumlahnya sedikit sekali, dibandingkan dengan blog yang menggunakan top level domain (TLD).


2. Menggunakan Template Yang Rapi & SEO Friendly

Beberapa tahun terakhir ini banyak template blog / website yang beredar di Google dan dapat di download secara cuma cuma. Tapi meski begitu, tidak semua template yang beredar tersebut memiliki struktur yang rapi dan ramah dengan mesin pencari. Dengan memilih template yang tepat, hal ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan sitelink dari Google. Karena struktur template yang rapi akan memudahkan robot Google dalam merayapi konten yang berada didalam website atau blog anda. Dan perlu diingat juga, jangan lupa untuk mengisi menu navigasi seperti Cookie PolicyContact UsDaftar Isi, dan menu menu sejenisnya yang membuat pengunjung mudah menjelajahi website anda.


3. Update Entri Setiap Hari Wajib

Cara mendapatkan sitelink dari Google yang ketiga adalah dengan rajin melakukan update post atau artikel. Menurut saya pribadi cara inilah yang paling jitu. Lakukan update post minimal 1 atau 2 post artikel setiap harinya nonstop tidak ada hari yang bolong tanpa artikel. Dengan melakuan metode ini, algoritma Google akan membaca dan memperhitungkan konsistensi blog atau website yang anda kelola. Dan ketika blog anda memiliki citra yang baik (rajin update) dimata Google, dengan sendirinya Google akan merekomendasikan beberapa post/halaman/kategori yang dianggap Google memiliki konten penting dan bermanfaat dari blog anda. Beberapa link rekomendasi yang muncul dibawah domain utama blog anda itulah yang disebut dengan sitelink.


4. Menggunakan Search Console

Melakukan sumbit peta situs dan URL artikel akan membuat blog atau website yang anda kelola menjadi lebih cepat terindeks dan dibaca oleh robot Google. Dan saat artikel/page anda terbaca dengan baik, tentu hal ini akan meningkatkan peluang munculnya sitelink dari Google dibawah link utama website anda.


5. Melakukan Optimasi SEO On Page

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah blog bisa mendapatkan sitelink dari Google, dan salah satunya adalah dengan melakukan optimasi blog agar lebih SEO baik dari segi template, maupun konten blog itu sendiri. Karena pada dasarnya, sitelink yang muncul dibawah URL utama blog adalah konten yang memiliki lalu lintas tinggi dari sebuah blog. Dan bisa kita simpulkan, artikel/page blog yang memiliki lalu lintas tinggi dan telah di optimasi akan berpeluang lebih besar untuk muncul dibawah URL utama blog sebagai sitelink dari Google.

Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google

Beberapa tips atau cara mendapatkan sitelink dari Google diatas adalah hasil dari pendapat pribadi dan pengalaman yang saya alami sendiri. Tentunya, masih banyak faktor lain yang menjadi sebab mengapa sebuah blog mendapatkan sitelink dari Google. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan Assalamu'alaikum.


Judul : Cara Mendapatkan Sitelink Dari Google
Penulis : Admin
Tanggal : 11 Maret 2019
Hari : Senin
Di : Kota Medan
Watpedia

Seorang mantan guru yang banting setir ke dunia internet marketing. Pernah Mengajar Di : SD Jamilurrahman Jogjakarta dan SDIT Al Hanif Cilegon