MASIGNCLEAN101

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019
March 6, 2019
10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019
Menghasilkan Uang Melalui Blog

10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog - Menghasilkan uang dari internet bukanlah sebuah hal yang mustahil di era digital saat ini. Terlebih lagi jika hal tersebut kita lakukan melalui media yang dikenal dengan sebutan blog atau website. Dengan menggunakan waktu luang yang ada, selain menyalurkan hobi kita juga bisa meraih pundi pundi uang jika mampu kreatif dalam melakukan pemasaran.

Disamping itu, biaya untuk membuat blog saat ini bukanlah sesuatu yang mahal. Kita hanya butuh domain dan hosting agar blog yang kita miliki bisa berjalan dan tentunya akan menghasilkan uang. Dan seperti judul diatas, kali ini kita akan membahas mengenai 10 cara menghasilkan uang melalui blog. Namun perlu diingat, cara yang akan kita sampaikan disini sangat bervariasi. Mulai dari yang mudah hingga cara yang tergolong sulit dan butuh perjuangan. Dan untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.


10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019

1. Pemasaran Affiliasi

Affiliasi adalah salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang melalui blog atau website yang kita miliki. Kita bisa mulai dengan memasang banner atau link affiliasi dari produk yang kita sukai di area widget blog yang kita kelola. Dan ketika pengunjung blog tertarik dan membeli produk melalui link affiliasi dari blog atau website kita, secara otomatis kita akan mendapatkan persentase keuntungan dari harga barang yang dibeli. Dan biasanya, persentase yang bisa kita dapatkan berkisar antara 30% hingga 50%, tergantung kebijakan perusahaan.

Adapun perusahaan yang menyediakan kerjasama sistem affiliasi antara lain: Bukalapak, Amazon, Lazada, blibli, Traveloka dan masih banyak lagi. 


2. Iklan Bayar Per Klik 

Cara menghasilkan uang melalui blog yang kedua adalah mendaftarkan blog yang kita miliki ke penyedia iklan berbayar seperti : Google Adsense. Cara ini termasuk metode yang cukup mudah. Sebab kita tidak perlu melakukan apa apa, selain mengisi blog yang kita miliki dengan konten yang bermanfaat. Setelah iklan tayang di blog atau website yang kita miliki, penghasilan akan kita dapat melalui klik pengunjung pada iklan website yang kita kelola. 

Bayaran dari Google Adsense ini pun cukup menggiurkan. Terlebih lagi, jika blog yang kita kelola telah mapan dan mempunyai banyak visitor unik setiap harinya.


3. Menyediakan Ruang Iklan Di Blog

Selain memasang iklan bayar per klik, kita juga bisa menghasilkan uang melalui blog dengan cara menyediakan ruang iklan pada blog yang kita kelola. Metode ini bisa kita terapkan dengan cara menawarkan jasa yang kita miliki ke beberapa perusahaan yang memiliki peluang untuk bisa kita ajak bekerjasama. Sedangkan ruang iklan yang bisa kita tawarkan mencakup banner disisi kanan / kiri halaman, banner di area top halaman, banner di tengah tengah artikel, banner dibagian bottom halaman atau mungkin kita juga bisa membuat artikel promosi sesuai dengan produk perusahaan yang bekerjasama dengan kita. 

Tapi perlu diingat, cara yang satu ini mungkin tidak akan efektif jika blog yang kita miliki sepi dari kunjungan unik (google).


4. Menjual Produk Digital Anda Sendiri

Salah satu potensi atau cara menghasilkan uang melalui blog adalah dengan menjual langsung produk yang kita miliki, terlebih khusus produk digital seperti : E-book. Karena dengan menjual langsung produk yang kita miliki, kita akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar tanpa harus mengalami pemotongan dari pihak manapun.

Namun perlu diingat, untuk menciptakan produk digital yang berkualitas dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan informasi yang luas. Disamping itu, produk yang kita miliki juga membutuhkan sentuhan desain yang baik agar apa yang kita tawarkan semakin menarik minat para pembeli.


5. Menerima Donasi Dari Pengunjung

Jika blog yang anda kelola tidak memiliki pengunjung bulanan yang banyak, namun memiliki komunitas yang solid dan siap mendukung perjalanan blog anda, memasang tombol donasi bisa menjadi solusi terbaik bagi blog anda saat ini. Meskipun donasi yang diberikan tidak akan membuat anda kaya raya, tapi setidaknya hal itu cukup untuk menutupi biaya hosting dan domain tahunan anda. Terlebih lagi, jika konten yang anda hadirkan benar benar bermanfaat dan memiliki penggemar setia, tentu tidak akan sulit untuk meminta sedikit bantuan mereka yang tentunya akan membantu anda dalam menghasilkan konten lebih baik lagi.

Anda bisa menggunakan bantun PayPal dalam hal ini untuk menampilkan tombol donasi pada blog atau website yang anda kelola. Selain gratis, kita hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk bisa menampilkan tombol donasi pada blog yang kita miliki.

Lihat cara membuat tombol donasi PayPal Disini


10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019

6. Terima Posting Artikel Yang Disponsori

Salah satu cara paling dasar untuk menghasilkan uang melalui blog adalah dengan meningkatkan trafik dan visitor pada blog yang kita kelola. Setelah anda berhasil membangun trafik yang stabil dan visitor yang setia, jalan untuk menghasilkan uang melalui blog akan terbuka lebar. Dan salah satunya adalah dengan menawarkan jasa posting artikel yang disponsori. Dengan metode marketing yang baik, dan jumlah visitor unik yang berlimpah, tidak akan sulit untuk mendapatkan klien yang bersedia bekerjasama dengan anda. 

Atau, anda juga bisa meninjau langsung produk dari perusahaan yang akan anda ajak bekerjasama, misalnya. Anda membuat konten menarik mengenai aplikasi game android tertentu, yang dimana konten tersebut mampu menarik minat pihak marketing perusahaan game untuk menampilkan produk mereka pada artikel/konten yang anda miliki. Jika anda berhasil melakukan negosiasi dan bekerjasama, maka anda akan mendapatkan bayaran dari konten yang telah anda buat dengan menampilkan produk dari perusahaan yang bekerjasama dengan anda.


7. Jual Blog Atau Situs Anda

Sebenarnya, ide yang satu ini bukan cara yang baik untuk menghasilkan uang melalui blog. Tapi terlepas dari itu semua, ada banyak sekali situs yang menyediakan tempat bagi siapa saja yang ingin menjual website yang ia miliki. Dibawah ini adalah 3 situs jual beli website yang paling terkenal (menurut admin).

  • https://flippa.com/
  • http://webuywebsites.org/
  • https://feinternational.com/

8. Menjadi Publisher Infolinks

Jika anda ditolak pihak Google Adsense, atau menunggu moderasi persetujuan yang terlampau lama, menjadi publisher Infolinks bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin menghasilkan uang melalui blog atau website. Namun perlu diingat, bayaran yang diberikan infolinks tentu tidak sebanding dengan bayaran dari Google Adsense. Tapi jika anda ingin mencoba, langsung saja daftarkan blog anda di sini https://www.infolinks.com/publishers/


9. Buatlah Konten Premium

Jika anda memiliki konten yang dirasa memiliki manfaat yang sangat luar biasa, tentu tidak ada salahnya jika anda menjadikan konten tersebut sebagai konten premium yang hanya bisa di akses oleh para member berbayar dari blog / website anda.


10. Menggunakan Shortlink

Cara menghasilkan uang melalui blog yang terakhir sedikit mirip dengan no9, hanya saja visitor tidak perlu membayar dengan uang tunai. Karena mereka cukup melalui shortlink (berisi iklan) untuk bisa masuk mengakses konten milik anda yang dirasa cukup berharga seperti file download atau tutorial premium.


10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019

Bagaimana? Siap untuk mencobanya? Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 10 cara menghasilkan uang melalui blog atau website. Semoga bermanfaat dan Assalamu'alaikum. Ohiya, jangan lupa baca artikel watpedia setiap hari, karena akan selalu ada artikel baru dari kami yang tentunya akan menambah wawasan anda.


Judul : 10 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog Atau Website 2019
Penulis : Admin
Tanggal : 5 Maret 2019
Hari : Selasa
Di : Kota Medan
Watpedia

Seorang mantan guru yang banting setir ke dunia internet marketing. Pernah Mengajar Di : SD Jamilurrahman Jogjakarta dan SDIT Al Hanif Cilegon