Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya

Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya

Halo sobat semua dimanapun kalian berada.

Sampai saat ini, 2 CMS yang paling tenar di Indonesia bisa dibilang adalah Wordpress dan Blogger. Meski masih ada beberapa CMS kenamaan yang juga dipakai oleh banyak blogger, khususnya di Indonesia, namun Wordpress dan bloggerlah yang paling menyita perhatian para blogger di negeri kita sampai saat ini.

Ketenaran 2 CMS ini sering berdampak bagi para blogger pemula yang dilema bingung harus memilih CMS apa yang sebaiknya ia gunakan untuk memulai dunia bloggingnya. Oleh karena itulah, disini kita akan sedikit memberikan komparasi antara Wordpress dan Blogger, sehingga nantinya, teman - teman yang bingung harus memilih CMS apa, lebih punya gambaran untuk memilih antara kedua Platform yang paling fenomenal ini. Dan untuk mempersingkat waktu, langsung saja simak ulasan kita dibawah ini.


catatan: yang kita maksud Wordpress disini adalah Wordpress Self-hosted. Bukan Wordpress.com

Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya


1. Ekonomis

Sisi pertama yang kita tinjau adalah segi ekonomis. Hal ini penting diperhatikan, karena sebagaimana yang kita ketahui bersama, orang orang indonesia sangat doyan dengan yang namanya gratisan. Oke! ditinjau dari segi ini, Wordpress kalah telak dari blogger. Sebab, untuk membangun sebuah blog dengan menggunakan Wordpress self-hosted, selain kita harus mengeluarkan dana untuk membeli sebuah domain, kita juga harus siap menggelontorkan dana untuk pembelian hosting. Dimana harga hosting ini sendiri sangat bervariasi, namun rata rata harga hosting pertahunnya sekitar 120rb-an (harga ini bisa berubah ubah). Sedangkan bagi para pengguna CMS Blogger, tidak akan dipusingkan dengan masalah persediaan dana untuk membayar atau membeli hosting, sebagaimana Wordpress membutuhkan hosting pribadi untuk menjalankan websitenya. Jadi, jika kamu menggunakan CMS Blogger. kamu merdeka tanpa harus takut tidak memiliki uang untuk menyewa hosting. Disini Blogger Menang!


2. Fleksibel

Jika kita berbicara mengenai fleksibel, itu berarti kita sedang berbicara mengenai otoritas yang dimiliki seorang admin blog dalam mengelola website yang dimilikinya, terlebih khusus dalam hal mengoprek tampilan blog atau website. Dalam posisi ini, Wordpress dan Blogger sama sama memiliki kuasa penuh dalam mengubah atau mendesain ulang website yang dimilikinya. Namun, jika kamu masih pemula yang belum mengerti tentang HTML, CSS dan Javascript, sebaiknya jangan coba coba nekad untuk mengoprek tema atau template jika tidak ingin terjadi error pada website atau blog yang kamu kelola. Dalam aspek fleksibel, pertarungan Wordpress dan Blogger dianggap, Seimbang!


3. Fitur

Yang dimaksud fitur disini adalah beragam fasilitas yang disediakan sebuah CMS, untuk mendukung kinerja seorang blogger dalam mengelola websitenya menjadi lebih ciamik dan interaktif. Dalam hal ini, Wordpress sepertinya lebih unggul. Sebab CMS yang diusung Wordpress mempunyai fasilitas plugin. Dimana plugin ini sendiri berfungsi layaknya aplikasi dalam sebuah smartphone, dimana kita cukup menginstalnya di CMS Wordpress yang kita miliki, dan mengaktifkannya. Hal inilah yang tidak dimiliki CMS Blogger. Dalam pertarungan ini, Wordpress Menang!


4. Pengaturan

Secara umum, kita bisa melihat tampilan dashboard blogger jauh lebih sederhana dan mudah difahami dibandingkan halaman dashboard yang dimiliki Wordpress. Hal inilah salah satu alasan, mengapa lebih banyak pemula yang lebih memilih untuk menggunakan Blogger daripada Wordpress. Bahkan, jika kita ingin mengubah tampilan pada blog yang kita miliki, kita cukup masuk ke satu halaman saja, dimana dengan mengganti susunan script pada halaman tersebut, kita sudah dapat mengubah tampilan blog menjadi lebih interaktif. Berbeda dengan CMS Wordpress, jika kita ingin mengubah tampilannya, maka kita harus masuk ke file masing masing dari script tersebut, misal, jika kita ingin mengubah tampilan dibagian footer, maka kita harus masuk ke bagian footer.php, atau jika kita ingin mengubah tampilan pada bagian header, maka kita harus masuk ke bagian header.php, begitulah seterusnya. Kesimpulannya, dalam hal pengaturan CMS Blogger masih lebih unggul. Blogger Menang!


5. Error!

Siapa sih yang mau? Blog yang telah di urus seperti mengurus anak sendiri tiba tiba mengalami error. Tentunya tidak satu pun diantara kita menginginkan hal tersebut. Nah, jika kita tergolong sebagai blogger pemula yang masih sangat minim akan pengalaman, dan tidak punya banyak waktu untuk mengelola website, namun masih tetap ingin ngeblog, sebaiknya jangan pilih CMS Wordpress. Saya bukan ingin memberi penilaian yang tidak berimbang, tapi inilah faktanya. Kesalahan kecil yang kita lakukan dalam pengubahan struktur kode didalam CMS Wordpress akan langsung mengakibatkan error pada website yang kita miliki. Berbeda keadaan apabila kita menggunakan CMS Blogger, selain kita dapat notif bahwa kode script tidak dapat diuraikan, kalau pun terjadi kesalahan kecil, halaman blog yang kita miliki tetap dapat diakses seperti biasanya. Maka jelas, dalam hal trial error Blogger jauh lebih aman. Blogger Menang!


6. Word Counter

Jika kita pernah memakai kedua CMS ini, yaitu Wordpress dan Blogger, tentu tahu bahwa didalam halaman entri CMS Blogger tidak tersedia word counter (penghitung jumlah kata). Sedangkan bagi para pengguna CMS Wordpress, dibagian bawah halaman entri terdapat word counter yang secara otomatis akan menghitung jumlah kata didalam postingan kita. Sehingga kita dapat memantau, apakah artikel kita telah memenuhi standart minimal jumlah kata yang dianjurkan dalam membuat postingan ataukah belum? Dalam hal ini Wordpress Menang!


7. SEO

Ini adalah salah satu poin yang paling penting dalam mengembangkan sebuah blog atau website di era yang penuh persaingan seperti saat ini. Dan banyak rumor yang beredar bahwa katanya CMS Wordpress jauh lebih SEO friendly dibandingkan CMS Blogger, atau sebaliknya. Perlu diketahui, Pihak Google selaku mesin pencari paling populer saat ini tidak pernah memberikan pernyataan mengenai CMS tertentu lebih SEO friendly atau tidak. Penggunaan CMS tertentu tidak memiliki pengaruh sama sekali dengan optimasi mesin pencari. Sekalipun Blogger berada dibawah naungan Google, tidak ada jaminan bahwa Blogger akan jauh lebih optimal dalam SEO atau sebaliknya. Kesimpulannya, CMS Wordpress dan Blogger masing masing memiliki peluang yang sama untuk bisa masuk kedalam page on Google. Sehingga, pertarungan Wordpress dan Blogger dalam kategori SEO dinyatakan Seri atau Seimbang!


Jadi itulah, sekilas ulasan dari kami mengenai 2 CMS paling populer saat ini, yang kami beri judul Wordpress Dan Blogger, Perbedaan Paling Mencolok Dari Keduanya. Semoga teman teman yang sudah membaca tulisan ini tidak lagi bingung memilih CMS mana yang harus ia gunakan.

Related Posts